PT. IKO HUMAN DEVELOPMENT I. VISI Menjadikan proses belajar sebagai kebutuhan yang menyenangkan II. TUJUAN a. Pembentukan kematangan emosi, berpikir abstrak dan perilaku belajar siswa yang produktif. b. Siswa mampu berkompetisi meraih nilai terbaik dalam belajar. c. Menjawab harapan Guru dan orang tua Orang tua agar siswa mampu berkompetisi dalam menghadapi tantangan nilai kelulusan yang semakin tinggi.
III. IKO TREATMEN YANG UNIK a. IKO Treatmen tidak mengajarkan cara dan metode bagaimana belajar seperti, cara menghafal materi pelajaran, atau merumuskan mata pelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai. b. IKO Treatment tidak memberikan bimbingan belajar, Remedial Teaching maupun Bimbingan Konseling untuk membantu siswa mengatasi kesulitan mereka dalam proses belajar. IV. PENDEKATAN SEDERHANA a. Program ini, memfokuskan pada Treatment peningkatan Kemampuan Dasar Memory Belajar yang dimiliki siswa, seperti tingkat penyerapan, pengolahan dan pemanggilan ulang informasi. Kemampuan Dasar Memory Belajar sangat berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Apabila Kemampuan ini belum seimbang dengan usia/kelas siswa. umumnya muncul masalah belajar seperti : • Pencapaian Hasil belajar siswa yang belum memuaskan • Tingkat konsentrasi siswa dalam belajar terlihat kurang • Tingkat motivasi dan inisiatif belajar siswa masih rendah b. Menyeimbangkan kemampuan dasar memory belajar siswa dengan tingkat usia/kelas. IKO Treatment mem-berikan latihan dengan menggunakan instrument khusus (alat peraga Digital Memory) yang terkesan ringan, mudah untuk dipahami serta memiliki keunikan yang dapat mendorong minat siswa untuk menguasai secara cepat dan tepat. c. Setelah siswa terkondisi menguasai instrumen secara tepat, dilanjutkan pada pelatihan berikut yaitu Treatment Aplikasi. Treatment Aplikasi menggunakan media bidang studi yang disesuaikan dengan tingkat kelas. Target treatment dicapai apabila pengolahan dan penguasaan informasi bidang studi dapat dilakukan siswa dalam hitungan menit. V. DURASI PELATIHAN a. Pengukuran kemampuan dasar memory belajar siswa Lebih kurang 15 menit (dari hasil test bisa diketahui bagaimana pola perilaku, pola berpikir dan pola belajar siswa) b. Konsultasi hasil pengukuran dengan orang tua siswa / guru (jika diperlukan) c. Pelaksanaan latihan 5 kali tahap awal dengan menggunakan Instrumen Digital Memory Lebih kurang 15 menit / pertemuan d. Pelaksanaan latihan 4 kali tahap aplikasi lebih kurang 15 menit / pertemuan VI. WAKTU & TEMPAT PELATIHAN a. Kelas yang berada di PT. IKO Human Development • 09.00 s/d 18.00 WIB • 19.00 s/d 21.00 WIB b. Di sekolah-sekolah dan waktu yang telah disepakati bersama VII. INVESTASI a. Pengukuran Kemampuan Dasar Memory Belajar. Rp. 100.000,- / orang b. Treatment/pelatihan selama 9 kali pertemuan Rp. 1.500.000,- / orang Bagi siswa yang langsung mengikuti pelatihan/treatment, untuk pengukuran kemampuan dasar memory dan konsultasi tidak dikenakan biaya. VIII. MASALAH YANG DAPAT DIJAWAB DENGAN IKO TREATMENT a. Kemampuan siswa yang rendah dalam mengolah dan mencerna informasi, dapat ditingkatkan dengan memperbesar volume dan mengubah kecepatan pengolahan informasi. Siswa yang memiliki prestasi dibawah rata-rata diberdayakan menjadi siswa unggulan. b. Siswa yang bermasalah dengan motivasi yang rendah dan kurang inisiatif dalam belajar, dikondisikan memiliki motivasi internal yang mendorong pembentukan harga diri. c. Kesulitan belajar disebabkan kurang konsentrasi menjadi berpikir fokus. d. Siswa yang tidak memiliki kepedulian terhadap informasi baru untuk memperkaya pendalaman materi pelajaran dibentuk menjadi siswa aktif yang mengikuti perkembangan informasi. e. Kreativitas siswa yang rendah dibentuk menjadi siswa yang aktif, dan produktif dalam belajar. f. Siswa yang terlihat tidak percaya diri dalam menunjukkan prestasi belajar, dibentuk harga dirinya sehingga memiliki keyakinan untuk meraih prestasi. g. Siswa yang belum memiliki pola komunikasi terarah yang meng-hambat proses belajar, dibentuk menjadi siswa yang memiliki komunikasi terstruktur. h. Siswa yang Lambat merespon informasi yang dibutuhkan dalam proses belajar, dibentuk memiliki kecepatan dalam mengolah informasi. i. Siswa yang belum mampu mengekspresikan gagasan, ide dan pemikiran secara memadai, dikondisikan memiliki inovasi dan kreativitas dalam pengembangan harga diri. untuk info lebih lanjut hubungi,, tri wahyuni budhiarti (083890492781) robih cahyadi (021.95439991)
|