IF YOU WANT TO HELP US PLEASE GIVE COMMENT AND DON'T FORGET TO SAY THANKS AND FURTHERMORE YOU CAN ALSO POST YOUR ARTICLES
Tuesday, 19/03/2024, 15:21
[4Dl] - Download For Free -
Welcome Guest | RSS
Main Registration Login
Search

Site menu

Section categories
News [26]
Articles [22]
Kajian Islam [11]
Kata Mutiara [7]
Wisdom [7]
Pendidikan [3]
Puisi [29]
Kesehatan [42]
Sport [4]
Sepak Bola [4]
Piala Dunia 2010 [9]
Zeksualitas [6]
Life Style [2]
Kisah [1]
Kuliner [3]
Humor [4]
Software [1]
Anti-Virus [1]
Anti-Spyware [2]
Internet Tools [3]
Drivers [1]
Movies [8]
Music [4]
Multimedia [3]
Office [1]
Operating System [0]
Gosip [11]
Promosi [2]

Tag Board

Our poll
Rate my site
Total of answers: 3

Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0

Main » Kajian Islam
Kewajiban Suami Terhadap Istri
Oase Ilmu - Friday, 16 April 2010

“Hai orang-orang beriman, tidak halal bagi kamu mewarisi wanita dengan cara paksa, dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian jika kamu tidak menyukai mereka maka bersabarlah, karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (An-Nisa: 19)

Menikah adalah fitrah manusia. Rasulullah saw. menyebut menikah sebagai sunahnya. Bahkan, Nabi berkata, siapa yang membenci sunahnya, tidak termasuk dalam golongannya.
Setiap kita, pasangan muslim dan muslimah yang melakukan pernikahan, paham betul bahwa tujuan menikah yang utama adalah untuk mendapatkan ridha Allah. Setelah itu untuk mewujudka ... Read more »

Category: Kajian Islam | Views: 990 | Added by: tri | Date: 16/06/2010 | Comments (0)

Amalan dan Ucapan Penyebab Masuk Surga
Oase Ilmu - Friday, 16 April 2010

Sebagai Pengetahuan: Surga bukan harga ganti dari amal ibadah manusia, tetapi murni karena rahmat dan
kemurahan Allah Tabaraka wa Ta'ala

Artinya: "Amalan seorang dari kalian tidak akan memasukkannya ke dalam surga", para shahabat bertanya:
"Begitupula engkau wahai Rasulullah?", begitupula aku, kecuali Allah meliputiku dengan kemurahan dan
rahmat dari-Nya". HR Muslim

Tetapi amal ibadah adalah penyebab masuk surga

Artinya: "Aku siapkan bagi hamba-hamba-Ku yang shalih sesuatu yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah
didengar oleh telinga serta tidak pernah terbetik di dalam hati manusia, bacalah jika kalian menghendakinya:

"Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat)
yang menyedapkan pandangan mata sebagai ganjaran terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Pintu Surga.

1. Ahli Puasa.

"Di dal ... Read more »

Category: Kajian Islam | Views: 708 | Added by: tri | Date: 16/06/2010 | Comments (0)

Ingat Pesan Nabi, Suamimu adalah Surga atau Neraka
Oase Ilmu - Friday, 16 April 2010

“Wanita merupakan mayoritas penduduk neraka.” Demikian disampaikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah shalat gerhana ketika terjadi gerhana matahari. Ajaib… !! wanita sangat dimuliakan di mata Islam, bahkan seorang ibu memperoleh hak untuk dihormati tiga kali lebih besar ketimbang ayah. Sosok yang dimuliakan, namun malah menjadi penghuni mayoritas neraka. Bagaimana ini terjadi?

“Karena kekufuran mereka,” jawab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika para shahabat bertanya mengapa hal itu bisa terjadi.

Apakah mereka mengingkari Allah?

Bukan, mereka tidak mengingkari Allah, tapi mereka mengingkari suami dan kebaikan-kebaikan yang telah diperbuat suaminya. Andaikata seorang suami berbuat kebaikan sepanjang masa, kemudian seorang istri melihat sesuatu yang tidak disenanginya dari seorang suami, maka si istri akan mengatakan bahwa ia tidak melihat kebaikan sediki ... Read more »

Category: Kajian Islam | Views: 721 | Added by: tri | Date: 16/06/2010 | Comments (0)

Menghitung Harga Nafas Kita
Oase Ilmu - Thursday, 20 May 2010

Sekali bernafas, manusia memerlukan 0,5 liter udara. Pernahkah kita merenungkan, minimal merasakan rasa syukur?
Bernafas, mungkin sudah dianggap biasa dan tak lagi menarik dibahas oleh sebagian orang. Pasalnya, sejak bangun tidur sampai terlelap, manusia tak lepas dari kegiatan mengambil udara di alam bebas ini. Namun, pernahkah Anda memperhatikan bagaimana nikmat Allah ini sebenarnya bernilai miliaran rupiah? Tak perlu menghitung kegiatan bernafas secara keseluruhan yang melibatkan berbagai organ tubuh, cukup kiranya menjumlah rupiah dari setiap udara yang dihirup.

Sekali bernafas, umumnya manusia memerlukan 0,5 liter udara. Bila perorang bernafas 20 kali setiap menitnya, berarti udara yang dibutuhkan sebanyak 10 liter. Dalam sehari, setiap orang memerlukan 14.400 liter udara.

Lalu, berapa nilai tersebut bila dirupiahkan? Sebagaimana diketahui, udara yang dihirup manusia terdiri dari beragam gas se ... Read more »

Category: Kajian Islam | Views: 718 | Added by: tri | Date: 16/06/2010 | Comments (0)

Bekal-Bekal Menuju Pernikahan
Oase Ilmu - Wednesday, 16 June 2010

Islam adalah agama yang universal. Agama yang mencakup seluruh aspek kehidupan. Tidak ada satu persoalan pun dalam kehidupan ini, melainkan telah dijelaskan. Dan tidak ada satu masalah pun, melainkan telah disentuh oleh nilai Islam, kendati masalah tersebut nampak ringan dan sepele. Itulah Islam, agama yang menebar rahmat bagi semesta alam.

Dalam hal pernikahan, Islam telah berbicara banyak. Dari sejak mencari kriteria calon pendamping hidup, hingga bagaimana cara berinteraksi dengannya tatkala resmi menjadi penyejuk hati. Islam memberikan tuntunan, begitu pula Islam mengarahkan bagaimana panduan menyelenggarakan sebuah pesta pernikahan yang suka ria, namun tetap memperoleh berkah dan tidak menyelisihi sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, demikian pula dengan pernikahan yang sederhana namun tetap ada daya tarik tersendiri. Maka Islam mengajarkannya.

Namun buku ini sebatas membahas tentang ma ... Read more »

Category: Kajian Islam | Views: 729 | Added by: tri | Date: 16/06/2010 | Comments (0)

“Al Qur’an! Al Qur’an! Bukan cokelat! Bukan Cokelat!” kata anak perempuan setengah berteriak ke beberapa teman lain yang sedang mengurus pengungsi.

Dua Pasang Mata di Tengah Salju: Al Qur’an Bukan Cokelat!

(Banyak yang sebenarnya harus saya catat ketika bekerja menemani anak-anak di berbagai daerah dan negara. Namun,cerita yang satu ini amat berkesan. Menohok konsep diri.)

Anak-anak hebat tidak selamanya lahir dari fasilitas yang serba lengkap, bahkan sebagian dari mereka disembulkan dari kehidupan sulit yang berderak-derak. Mereka tumbuh dan berkembang dari kekurangan.

Pada sebuah musim dingin yang menggigit, di sebuah pedalaman, di belahan timur Eropa, kisah ini bermula. Kejadian menakjubkan, setidaknya bagi saya.

Salju bagai permadani putih dingin menyelimuti pedalaman yang telah kusut masai dirobek perang yang tak kunjung usai. Dentuman bom dan letupan senjata meraung-raung dimana-mana. Sesekali, terdengar ibu dan anak menjerit dan kemudian hilang.

Di tenda ... Read more »

Category: Kajian Islam | Views: 791 | Added by: tri | Date: 16/06/2010 | Comments (0)

Mensucikan Jiwa


Bismillaahirrohmaanirrohiim,

Ditengah masyarakat, ada istilah umum yang bersifat sindiran bahwa : Ibadah haji didalam rukun Islam sekarang ini seolah-olah telah turun keperingkat 6, karena posisinya telah diambil alih oleh yang namanya : Membeli mobil.
Ini adalah sindiran secara halus yang ditujukan kepada orang-orang yang mengaku muslim, tetapi lebih mengutamakan membeli mobil dari pada kewajibannya untuk menunaikan haji.
Walaupun pada akhirnya mereka berhasil menunaikan ibadah haji, tapi yang menjadi persoalan adalah : lebih mendahulukan membeli mobil dari pada ibadah haji.
Ini hanya salah satu contoh dari berbagai jenis prioritas keduniaan yang mengalahkan nilai-nilai luhur agama didalam jiwa seseorang. ... Read more »

Category: Kajian Islam | Views: 712 | Added by: tri | Date: 10/06/2010 | Comments (0)

Dunia Panggung Sandiwara


Bismillaahirrohmaanirrohiim,

Ketika kaki kita menginjak bumi, maka dengan kekuatan grafitasi bumi, kita tidak bisa melepaskan diri darinya sehingga kita sangat bergantung kepadanya.
Kemanapun bumi itu melayang diangkasa bebas, kitapun akan terbawa.
Jika bumi itu mengalami goncangan-goncangan didalam dirinya, seperti terjadi gempa, angin puyuh atau tsunami yang kedatangannya tidak bisa kita prediksi, kitapun ikut menjadi korban.
Selain itu, bumi yang selalu mengitari matahari dan berputar pada porosnya, membuat kita terbawa arus putarannya, sehingga kitapun mengalami suasana siang dan malam. ... Read more »

Category: Kajian Islam | Views: 698 | Added by: tri | Date: 10/06/2010 | Comments (0)

Kesombongan yang tersembunyi


Bismillaahhirrohmaanirrohiim,

Ketika pertama kali Allah SWT. Menciptakan nafsu (jiwa), dia sudah bersikap sombong dihadapan Allah dan mengingkari ke-Tuhanan Allah.
Allah bertanya kepada nafsu : " Siapakah Aku ", lalu nafsu menjawab : " Engkau adalah Engkau, dan aku adalah aku. Kita adalah sendiri-sendiri ".
Mendengar kesombongan dan keingkarannya, seketika itu juga Allah memasukkan nafsu kedalam neraka selama seribu tahun. ... Read more »

Category: Kajian Islam | Views: 906 | Added by: tri | Date: 10/06/2010 | Comments (0)

Berjihad di Jalan Allah


Bismillaahirohmaanirrohiim, 

Setelah pulang dari perang besar, Rasulullah saw. bersabda : " Kalian telah memenangkan perang yang kecil menuju perang yang lebih besar "
Para sahabat bertanya : " Perang apa ya Rasul ? "
Rasul saw. menjawab : " Yaitu berperang melawan hawa nafsu ".
Tidak dapat disangkal lagi bahwa tegak dan lurusnya Islam didalam diri seorang muslim adalah : telah terkendalinya hawa nafsu yang selama ini berhasil menguasai dirinya.
Karena tanpa disadari, didalam menjalani setiap aktifitas hidupnya selama ini, hampir seluruh umat manusia selalu didorong dan digerakkan oleh hawa nafsunya. ... Read more »

Category: Kajian Islam | Views: 659 | Added by: tri | Date: 10/06/2010 | Comments (0)

1 2 »
Login form

Calendar
«  March 2024  »
SuMoTuWeThFrSa
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Entries archive

Site friends
  • Create a free website

  • Copyright MyCorp © 2024